Home » » Local Storage vs Cloud Storage. Apa Bedanya?

Local Storage vs Cloud Storage. Apa Bedanya?

Local Storage vs Cloud Storage

Di era digital saat ini. Kita sering berhubungan dengan teknologi. Tentunya, kita perlu yang namanya media penyimpanan. Data-data penting seperti foto, dokumen, audio, maupun video dapat disimpan dalam sebuah media penyimpanan. Nah, ada 2 jenis media penyimpanan yang umum digunakan, yakni local storage dan cloud storage.

Meski keduanya sama-sama berfungsi untuk menyimpan data. Ternyata 2 media penyimpanan ini memiliki beberapa perbedaan yang spesifik. Baik dari segi bentuk, kapasitas, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sebelum kamu memilih penyimpanan mana yang cocok denganmu, Simak dulu perbedaan local storage dan cloud storage.

Apa Perbedaan Local Storage dan Cloud Storage

Local Storage

Local Storage atau penyimpanan lokal merupakan sebuah media penyimpanan yang memiliki bentuk fisik. Adapun beberapa contoh local storage yang sering kita jumpai diantaranya seperti Flash Disk, Hard Disk, Memory Card, atau pun memori internal pada ponsel kamu.

Pengguna dari local storage hanya bisa mengakses data-datanya jika dia memiliki perangkat fisiknya. Jika perangkatnya dicuri atau hilang. Maka semua data yang tersimpan pun akan hilang. Selain itu, kebanyakan local storage memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil ketimbang cloud storage.

Cloud Storage Background

Cloud Storage

Berbeda dengan local storage. media penyimpanan berupa cloud storage adalah media penyimpanan yang tidak memiliki bentuk fisik. Maksudnya, media penyimpanan ini dapat diakses melalui jaringan internet. Jadi, untuk mengakses cloud storage kamu harus terhubung ke internet terlebih dahulu. Contoh dari cloud storage adalah Google Drive, Icloud, OneDrive, Dropbox, dan lain sebagainya.

Kelebihan Cloud Storage Ketimbang Local Storage.

Contoh Cloud Storage

Berdasarkan perbedaan dari masing-masing media penyimpanan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari cloud storage ketimbang local storage jika dilihat dari perbedaannya.

1. Kapasitas

Jika dilihat dari kapasitasnya, cloud storage memiliki kapasitas yang sangat besar. Bahkan jika kamu membeli paket premium dari penyedia cloud storage, kamu bisa mendapatkan penyimpanan yang unlimited alias tidak terbatas. Sedangkan local storage biasanya hanya sanggup menyimpan data hingga 1 Terabyte saja.

2. Harga

Berbanding terbalik dengan local storage yang biasanya berbayar. Kebanyakan cloud storage bisa kamu gunakan secara gratis. Biasanya kamu akan diberi penyimpanan sebesar 10 GB saja. Jika lebih dari itu, maka kamu harus berlangganan untuk bisa mendapatkan penyimpanan yang lebih besar.

3. Kemudahan

Tidak seperti local storage hanya bisa digunakan hanya bisa digunakan ketika kamu memilki perangkatnya. Cloud storage dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Kamu hanya perlu akses ke internet saja untuk membuka penyimpananmu.

4. Keamanan

Terakhir, jika dilihat dari faktor keamanan. Kamu bisa mengakses apapun yang ada didalam local storage. Sementara, untuk bisa mengakses cloud storage. Kamu harus memasukkan nama pengguna dan juga sandi yang sesuai.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai perbedaan local storage dan cloud storage. Sekarang kamu lebih tahu media penyimpanan apa yang cocok untukmu. Cukup sekian.

Baca Juga: Sejarah Penemuan Jaringan Komputer

Iklan

0 comments :

Posting Komentar