Apa Itu Javascript? Kekuatan Rahasia dari Web yang Interaktif

jurnal firman
Ditulis Oleh:
0
Apa Itu Javascript

Di balik website interaktif yang kamu kunjungi, terdapat kekuatan tersembunyi bernama Javascript. JavaScript telah menjadi istilah yang cukup familiar. Baik orang yang berkecimpung di dunia teknologi maupun orang awam. Pasalnya, JavaScript telah menjadi bahasa pemrograman yang sering kali digunakan untuk membuat website yang lebih kece.

Sebelum masuk lebih dalam ke JavaScript. Ada baiknya kita memahami dulu apa sih JavaScript itu. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang pengertian, sejarah, serta kelebihan dari bahasa ini.

Mengenal Apa Itu JavaScript?

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat website yang dinamis dan interaktif. Dinamis disini memiliki arti dimana konten pada dapat bergerak dan tampil secara otomatis tanpa perlu dimuat ulang oleh pengguna.

JavaScript bisa dibilang sebagai kunci jika kamu ingin membuat website yang dapat berinteraksi dengan mudah sekaligus memudahkan pengunjung di situs kamu.

Saat ini, JavaScript telah dipakai untuk membuat berbagai aplikasi web seperti media sosial, e-commerce, game, dan lain sebagainya.

Bagaimana Awal dari JavaScript?

Pada mulanya, JavaScript dikembangkan oleh seorang programmer bernama Brendan Eich pada tahun 1995 yang pada saat itu bekerja di Netscape Communications. Ia diberi tugas untuk membuat bahasa pemrograman yang dapat berjalan di browser Netscape Navigator.

Sebelum akhirnya disebut JavaScript. Bahasa pemrograman ini telah berubah nama berkali-kali. Pada awalnya bernama Mocha, kemudian berganti menjadi LiveScript. Dan diubah lagi untuk terakhir kalinya menjadi JavaScript. Nama ini sebenarnya diambil karena popularitas bahasa pemrograman lain pada saat itu yang disebut Java.

Tidak seperti saat ini, dulunya JavaScript digunakan untuk membuat efek-efek visual sederhana pada halaman website. Akan tetapi, seiring perkembangan jaman. JavaScript kini telah berkembang menjadi bahasa pemrograman yang kuat dan populer.

Apa Hubungan Antara JavaScript dengan HTML dan CSS?

JavaScript, HTML, serta CSS merupakan bahasa pemrograman yang paling sering digunakan dalam pembuatan web.

HTML digunakan untuk membuat struktur konten yang akan ditampilkan. HTML digunakan untuk menentukan seperti apa halaman web nantinya akan ditampilkan.

Sedangkan CSS merupakan bahasa yang digunakan untuk memberi style pada element HTML. Baik itu warna, tata letak, ukuran, dan aspek lain dari halaman web.

Nah untuk JavaScript sendiri digunakan untuk membuat halaman web menjadi lebih interaktif. Pengembang dapat menambahkan animasi, efek visual, berkomunikasi dengan API, dan masih banyak lagi.

Sederhananya, ketiga bahasa tersebut digunakan untuk membuat halaman web menjadi lebih bagus. HTML untuk membuat struktur, CSS untuk menentukan desain dan style. Sedangkan JavaScript untuk membuat website lebih interaktif.

Apa Saja Kelebihan Kelebihan dari JavaScript?

JavaScript mempunyai berbagai macam fitur yang bisa digunakan untuk membuat websitemu lebih menarik. Inilah yang membuat bahasa ini menjadi bahasa yang populer di kalangan programmer khususnya di bagian web developer. Nah, berikut beberapa kelebihan dari JavaScript.

1. Mudah Dipahami

JavaScript menjadi bahasa yang mudah dipahami bahkan untuk orang awam sekalipun. Contoh saja jika kita ingin menampilkan tulisan selamat datang. Kita tinggal menuliskan saja kode alert("Selamat Datang");.

2. Sering Digunakan Aplikasi Mobile

JavaScript telah banyak digunakan diberbagai aplikasi-aplikasi pada perangkat mobile.

3. Interaktif

JavaScript terkenal sebagai pilihan bahasa yang tepat untuk membuat website dengan tampilan user-friendly. Dengan hadirnya JavaScript, para pengembang bisa merancang website menjadi lebih interaktif dan kreatif.

Nah, itulah beberapa hal mengenai Javascript. Buat kamu yang ingin membuat website menjadi lebih interaktif. Kamu bisa nih pakai bahasa pemrograman ini. Cukup sekian pembahasan kali ini. Terimakasih

Sumber

Biznet Gio | Mengenal Apa Itu JavaScript? Fungsi hingga Cara Kerjanya | Terakhir diakses pada 8 Juni 2024

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)