Home » , » Mengenal apa itu Dogecoin, Kelebihan dan Kekurangan beserta masa depan dari Kripto Memecoin terbaik 2023.

Mengenal apa itu Dogecoin, Kelebihan dan Kekurangan beserta masa depan dari Kripto Memecoin terbaik 2023.

Dogecoin Image

Perkembangan aset kripto yang begitu pesat membuat munculnya berbagai teknologi-teknologi baru pada dunia kripto. Mulai dari munculnya Altcoin hingga Memecoin. Salah satu Memecoin yang terkenal ialah Dogecoin. Namun, Apa itu Dogecoin? Bagaimana awal mula dan masa depan dari kripto ini? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Apa itu Dogecoin?

Dogecoin adalah salah satu kripto berjenis memecoin. Dogecoin dibuat oleh 2 orang bernama Billy Markus dan Jackson Palmer pada Desember 2013.Kripto ini merupakan kripto yang berbasis kode Litecoin (LTC) dan menggunakan anjing Shiba Inu sebagai maskot dan ikonnya.

Dogecoin kerap kali disebut sebagai "Koin Meme" atau memecoin karena asal usulnya yang memang dari meme pada internet.

Pada awalnya, Dogecoin hanya dianggap sebagai sebuah lelucon. Tetapi, hal yang tidak terduga pun terjadi. Dogecoin menjadi populer di kalangan penggemar kripto. Hingga pada tahun 2021. Dogecoin mengalami lonjakan harga hingga mencapai rekor tertingginya pada 8 Mei 2023 yaitu sekitar $0.73.

Salah satu penyebab lonjakan dari Dogecoin disebabkan oleh tweet sang CEO Tesla, Elon Musk.

Dogecoin x Elon Musk

Perbedaan Dogecoin dibanding kripto lainnya

Dogecoin memiliki beberapa perbedaan dibandingkan aset kripto lainnya, diantaranya:

1. Pasokan yang lebih banyak

Dogecoin memiliki jumlah pasokan yang lebih banyak dibandingkan aset kripto nomer 1 saat ini yaitu Bitcoin. Lebih tepatnya, Dogecoin memiliki jumlah pasokan yang tidak terbatas.

2. Waktu penambangan yang cepat

Dogecoin juga bisa didapatkan dengan cara ditambang. Berbeda dengan Bitcoin, Dogecoin memiliki waktu menambang 10 kali lebih cepat yaitu 1 blok per menit sedangkan Bitcoin 1 blok per 10 menit.

3. Komunitas pengguna yang lebih banyak

Dogecoin memiliki pengguna aktif yang lebih banyak ketimbang Bitcoin. Hal ini, dapat membantu meningkatkan nilai dari Dogecoin.

Selain itu, Dogecoin juga sering digunakan untuk Tipping, Donasi dan Transaksi pembelian barang dan jasa.

Kelebihan dan Kekurangan Dogecoin

Kelebihan Dogecoin:

Harga yang murah. Harga Dogecoin relatif murah untuk dibeli dan diperdagangkan. Hal ini membuat Dogecoin bisa menjadi salah satu aset investasi dengan harga murah.

Komunitas besar dan aktif. Komunitas Dogecoin lebih besar dan aktif ketimbang Bitcoin. Para komunitas ini dapat membantu meningkatkan nilai dari Dogecoin.

Diterima oleh perdagangan. Dogecoin juga merupakan aset kripto yang sering diperdagangkan secara luas. Salah satunya dalam hal transaksi jual-beli dalam kehidupan sehari-hari.

Kekurangan

Harga yang fluktuatif. Harga dari Dogecoin memang sangat fluktuatif. Artinya, Harga dari Dogecoin bisa sangat liar. Dan ini bisa membuat banyak risiko bagi para investor. Karena itu, Dogecoin menjadi aset investasi yang cukup berisiko.

Tidak memiliki nilai instrisik. Dogecoin tidak memiliki nila instrinsik. Ini berarti nilainya hanya sebatas permintaan pasar saja. Jadi bisa saja nilai atau harga dari Dogecoin anjlok karena tidak ada permintaan dari peminat koin ini.

Keamanan. Keamanan dari Dogecoin tidak seaman aset kripto lainnya. Hal ini disebabkan Dogecoin menggunakan algoritma yang lebih sederhana dalam menambang setiap koin barunya.

Masa depan Dogecoin

Meski sekarang komunitas dari Dogecoin cukup besar. Namun tetap saja, masa depan dari koin kripto ini tidak pasti. Dogecoin telah mengalami banyak sekali lonjakan besar. Namun, hal itu belum bisa menentukan apakah ia akan bertahan di masa depan.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi masa depan dari Dogecoin, diantaranya:

Kalah saing. Dogecoin bisa saja kalah saing dengan aset kripto terbaru. Sehingga membuatnya kehilangan popularitas dari Dogecoin itu sendiri.

Perubahan peraturan. Jika saja pemerintah atau regulator mulai memperketat mata uang kripto. Maka, Dogecoin bisa menjadi sangat sulit untuk digunakan.

Cukup sekian artikel mengenai Dogecoin. Baca juga artikel menarik lainnya pada situs ini untuk mendapatkan informasi terkini. Terimakasih

Artikel Menarik

Apa itu Resesi, Pengertiannya Begini
Mengapa Manusia Menciptakan Uang

Iklan

0 comments :

Posting Komentar