Home » » Disk Phaistos, Artefak Kuno Misterius yang Belum Terpecahkan

Disk Phaistos, Artefak Kuno Misterius yang Belum Terpecahkan

Disk Phaistos, juga dikenal sebagai Piring Phaistos, adalah artefak tanah liat berbentuk bulat yang ditemukan pada tahun 1908 di istana Minoa di Phaistos, pulau Kreta, Yunani. Ini adalah salah satu temuan arkeologi paling terkenal dan misterius dari dunia kuno.

Piring ini memiliki diameter sekitar 15 sentimeter (6 inci) dan diukir di kedua sisinya dengan serangkaian simbol yang terdiri dari sekitar 241 tanda terpisah. Tanda-tanda ini terdiri dari simbol-simbol yang tercetak dengan presisi menggunakan segel logam atau cetakan.

Yang membuat Disk Phaistos begitu menarik adalah bahwa tidak ada yang tahu secara pasti apa arti dan bahasa yang digunakan dalam inskripsi ini. Simbol-simbolnya unik dan tidak serupa dengan sistem tulisan apapun yang ditemukan sebelumnya. Beberapa usaha telah dilakukan untuk memecahkan kode inskripsi ini, tetapi sampai saat ini, makna sebenarnya dari simbol-simbol itu tetap menjadi misteri.

Pada umumnya, ada beberapa teori tentang asal-usul dan arti Disk Phaistos. Beberapa teori menganggapnya sebagai sistem tulisan atau skrip, mungkin digunakan untuk catatan administratif atau komunikasi. Teori lainnya berpendapat bahwa itu adalah suatu bentuk kalender atau alat divinasi. Namun, tanpa penemuan lebih lanjut yang dapat memberikan konteks yang lebih jelas, interpretasi pasti dari Disk Phaistos tetap menjadi spekulatif.

Disk Phaistos saat ini disimpan di Museum Arkeologi Iraklio di Kreta dan tetap menjadi objek penelitian dan minat yang besar bagi para arkeolog, sejarawan, dan ahli bahasa yang berusaha memahami lebih lanjut tentang peradaban Minoa dan misteri di balik disk ini.***

Iklan

0 comments :

Posting Komentar