Home » » Sejarah Penemuan Jaringan Komputer

Sejarah Penemuan Jaringan Komputer

Sejarah Penemuan Jaringan Komputer

Di kantor tentunya banyak komputer yang digunakan untuk mendukung aktifitas pekerjaan sehari-hari. Untuk kemudahan berkomunikasi seperti email dan dokumen, setiap komputer terhubung dengan jaringan. Jaringan komputer memiliki sejarah yang panjang dan telah mengalami perkembangan yang signifikan selama bertahun-tahun.

1. Era Awal (1940-an hingga 1960-an)

Pada era ini, komputer masih dalam bentuk besar dan mahal. Jaringan komputer pertama yang dikembangkan adalah jaringan teleprinter yang digunakan untuk transfer data antara komputer-komputer yang terpisah secara geografis. Contoh dari jaringan ini adalah jaringan komputer SAGE (Semi-Automatic Ground Environment) yang digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat.

2. ARPANET (1960-an hingga 1970-an)

ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) dikembangkan oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sebagai proyek riset di Amerika Serikat. ARPANET merupakan jaringan komputer pertama yang menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang sekarang menjadi dasar dari internet modern. ARPANET menghubungkan beberapa universitas dan lembaga riset untuk berbagi sumber daya komputasi.

3. Perkembangan Internet (1980-an hingga 1990-an)

Pada tahun 1980-an, ARPANET berkembang menjadi sebuah jaringan komputer yang lebih besar yang dikenal sebagai "Internet." Internet semakin meluas dan digunakan oleh akademisi, pemerintah, dan kemudian oleh masyarakat umum. Standar protokol TCP/IP menjadi dasar utama dalam komunikasi data di internet. Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee mengembangkan World Wide Web (WWW) sebagai sistem informasi berbasis hypertext yang memungkinkan akses mudah ke dokumen dan sumber daya di internet.

4. Era Internet Modern (2000-an)

Pada awal tahun 2000-an, internet mengalami perkembangan pesat dengan semakin banyak orang yang terhubung ke internet melalui komputer pribadi dan perangkat seluler. Kemajuan teknologi jaringan seperti broadband dan konektivitas nirkabel memungkinkan akses internet yang lebih cepat dan mudah diakses. Selain itu, munculnya aplikasi web, media sosial, perdagangan elektronik, dan layanan berbasis cloud mengubah cara kita berinteraksi dan bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

Selama beberapa dekade terakhir, jaringan komputer terus berkembang dengan kecepatan dan kapasitas yang semakin tinggi. Teknologi jaringan baru seperti jaringan 5G, Internet of Things (IoT), dan komputasi awan terus mendorong perkembangan dan transformasi lebih lanjut dalam cara kita berkomunikasi, berbagi informasi, dan menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Simak juga artikel serupa di Jurnal Firman berjudul "Sejarah Ditemukannya Telepon, yang Mengubah Cara Orang Berkomunikasi"

Iklan

0 comments :

Posting Komentar