Home » » Tutorial Arduino: Perintah digitalWrite

Tutorial Arduino: Perintah digitalWrite



Perintah DigitalWrite Pada Arduino

Sebelumnya, kita telah mengenal perulangan LOOP dan Conditional IF. Selanjutnya kita akan mengenal perintah digitalWrite() pada Arduino.

Perintah digitalWrite pada Arduino sendiri adalah sebagai pengatur PIN pada Arduino. DigitalWrite dapat mengatur PIN untuk mengeluarkan tegangan atau tidak.

PIN Output Arduino



Pin pada Arduino tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara Arduino dan komponen - komponen lainnya. Pin - pin pada gambar diatas yang nantinya dapat diberi perintah digitalWrite.

Perintah DigitalWrite

Sebelum kita menulis perintah digitalWrite. Kita harus membuat rangkain komponennya, yang nantinya dapat diberi perintah digitalWrite. Berikut ini adalah daftar komponen - komponennya
  • 1 buah Arduino Uno
  • 1 buah Breadboard / Protoboard
  • 1 buah LED 5mm atau 3 mm ( warna bebas )
  • 1 buah Resistor
  • 4 buah Kabel Jumper
Selanjutnya, kita perlu merangkai komponen - komponen tadi menjadi rangkain seperti pada gambar berikut.




Setelah kita merangkai komponen - komponen tadi. Saatnya untuk membuat kodenya. Untuk lebih amannya kita dapat membuat kodenya pada Website Tinkercad sebelum mencobanya langsung.

Berikut adalah kode sederhana menggunakan perintah digitalWrite.

  int LED = 2; //sesuaikan dengan Pin
  
  void setup{
    pinMode(LED, OUTPUT); //Atur sebagai Output
    digitalWrite(LED, HIGH); //Atur HIGH/LOW
  }
  


Pastikan kode sudah sesuai dengan contoh diatas. Jika sudah sesuai. Tekan tombol Start Simulation. Maka akan seperti ini hasilnya.




Begitulah cara menggunakan perintah digitalWrite pada Arduino. Anda juga dapat menggunakan fungsi LOOP dan IF seperti contoh pada tutorial sebelumnya.
- Tutorial LOOP
- Tutorial IF
Iklan

0 comments :

Posting Komentar