Home » » Tutorial Arduino: Menampilkan Hello World

Tutorial Arduino: Menampilkan Hello World

Ketika mengenal suatu bahasa pemrograman pertama kali, tentu yang perlu diketahui biasanya adalah tentang bagaimana menampilkan Hello World. Hal ini berlaku juga pada pemrograman Arduino. Namun ada hal yang berbeda, karena Arduino ini merujuk pada papan elektronik seperti motherboard pada cpu komputer, jadi pemrograman Arduino ini adalah kumpulan baris kode untuk menjalankan perangkat-perangkat yang terintegrasi dengan papan Arduino tersebut.

Namun, untuk bisa memahami bagaimana cara kerja Arduino, tentunya kita perlu mengetahui hal dasar tentang pemrograman Arduino. Untuk memulai membuat code pada Arduino, kita bisa menggunakan simulator aplikasi. Jadi kita tidak perlu membeli papan Arduino untuk sekedar berlatih. Bahkan sebaiknya disarankan kita menggunakan simulator aplikasi ini untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi, kareka kita masih pemula.

Simulator aplikasi Arduino bisa menggunakan TinkerCad. Tinggal googling aja, pasti di halaman pertama sudah ditunjukkan website dari TinkerCad. Simulator Arduino ini bisa berjalan via web. Jadi kita tidak harus menginstall apapun untuk menggunakannya. Mari kita mulai.

Pertama masuk ke TinkerCad. Kalau belum punya akun, bisa bikin dulu dengan akun gmail. Kemudian setelah masuk ke halaman dashboard, kita bisa mulai membuat project pertama kita dengan mengklik tombol "New". Nanti akan muncul halaman desain seperti tampak pada gambar 1. Untuk pertama kali, tidak terlihat papan Arduino seperti di contoh gambar. Kita bisa menambahkan papan Arduino dengan mengklik, drag-drop komponen bergambar papan Arduino ke tengah layar.

Gambar 1

Kemudian kita klik tombol Code, dan akan muncul baris kode seperti di bawah ini

// C++ code
//
void setup()
{
 pinMode(LED_BUILTIN, OUTPUT);
}

void loop()
{
 digitalWrite(LED_BUILTIN, HIGH);
 delay(1000); // Wait for 1000 millisecond(s)
 digitalWrite(LED_BUILTIN, LOW);
 delay(1000); // Wait for 1000 millisecond(s)
}

Code di atas adalah kode bawaan, kamu tinggal menggantinya dengan code lain saat kamu memprogram nantinya. Sekarang kita akan memberikan kode untuk menampilkan tulisan Hello World.

Kita ubah dibaris yang ini

void setup()
{
 pinMode(LED_BUILTIN, OUTPUT);
}

menjadi begini

void setup()
{
 //pinMode(LED_BUILTIN, OUTPUT);
  Serial.begin(9600);
  Serial.print("Hello World");
}

Setelah itu, tekan tombol "Start Simulation", tunggu beberapa saat. Nantinya di bawah window Code tadi ada window Serial Monitor. Disitulah tulisan Hello World akan muncul. Perintah ini biasanya digunakan untuk melacak jalannya program ketika code baris kita sudah cukup panjang.

Untuk sementara, begitulah tutorial pertama kita. Ikuti terus tutorial berikutnya. Sampai jumpa!


Iklan

0 comments :

Posting Komentar