Home » » Tutorial Arduino: Mengenal Perulangan WHILE

Tutorial Arduino: Mengenal Perulangan WHILE



Selain perulangan FOR, ada perulangan lainnya yaitu perulangan WHILE. Jika perulangan FOR menggunakan nilai awal dan nilai batas akhir untuk keluar, sedangkan perulangan WHILE hanya ada kondisi benar salah. Dimana selama kondisi benar, perulangan akan terus dilakukan, dan ketika kondisi salah, perulangan akan berhenti.

Satu hal yang harus diperhatikan pada perulangan WHILE adalah berhati-hati pada kondisi infinity LOOP. Kondisi ini terjadi jika kita sebagai pembuat kode, salah meletakkan logika yang menyebabkan perulangan tidak pernah selesai.

Banyak cara untuk melakukan trap atau jebakan yang dipasang untuk menghindari terjadinya infinity LOOP. Salah satunya adalah memasang trap counter. Dengan berasumsi counter tidak mungkin melebihi nilai tertentu, kita bisa memasang baris kode dimana jika batas counter itu terpenuhi, maka perulangan akan berakhir.

Kode untuk menulis perulangan seperti contoh berikut:

// C++ code
//

void setup()
{
  Serial.begin(9600);
  int a = 10;
  int b = 20;
  int i = 0;
  while(i<10){
    i++;
    Serial.print(i  );
    Serial.println(" > b");  
  }
}

void loop()
{
}

Bisa dilihat pada baris
  while(i<10){
    i++;
    Serial.print(i  );
    Serial.println(" > b");  
  }

Kondsi while hanya berulang selama i bernilai lebih kecil dari 10. Andaikan di baris selanjutnya tidak ada kode i++, maka perulangan di atas akan menjadi infinity loop, karena nilai i selalu di bawah 0.

Sekarang sudah paham kan, bagaimana bentuk perulangan WHILE. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Iklan

0 comments :

Posting Komentar