Home » , , » Bolehkah Pengidap Diabetes Makan Buah Pepaya?

Bolehkah Pengidap Diabetes Makan Buah Pepaya?

Bolehkah Pengidap Diabetes Makan Pepaya?

Buah pepaya kaya akan nutrisi dan rasa yang manis nan menyegarkan. Namun, Bolehkah pengidap diabetes makan pepaya?

Saat didiagnosis mengalami diabetes, kamu pasti bingung karena kedepannya kamu harus bisa mengatur pola makanmu. Makanan yang kamu sukai mungkin juga harus disingkirkan dulu agar tidak memperburuk diabetes yang dialami.

Dikutip dari laman halodoc, diabetes melitus merupakan penyakit yang terjadi karena meningkatnya kadar gula di dalam darah. Penyakit ini terjadi dalam jangka panjang dan tidak bisa disembuhkan. Pada pengidap diabetes, tubuh akan sulit untuk mengolah gula menjadi energi sehingga membuat kadar gula dalam darah meningkat.

Maka dari itu, mengapa pengidap diabetes harus mengurangi atau bahkan menghindari dari mengkonsumsi makanan manis.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Pepaya

Gambar Pepaya
Sumber: Halodoc

Dilansir dari laman orami, dalam 152 gram pepaya mengandung 59 kalori, 53 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 1 gram protein.

Selain itu, terdapat juga nutrisi yang merupakan kebutuhan harian yaitu vitamin C, vitamin A, folat dan potasium. Pepaya juga mengandung magnesium, vitamin B, vitamin K, dan kalsium.

Tetapi, apakah pengidap diabetes boleh makan pepaya tiap hari? simak penjelesan berikut ini.

Bolehkan Pengidap Diabetes Makan Pepaya?

Pepaya di Piring
Sumber: Radar Banyumas

Banyak yang beranggapan bahwa pepaya tidak baik untuk pengidap diabetes karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Dikutip dari laman web orami, dr. Juwalita Surapsari, Sp. G. K, M.Gizi Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah menjawab.

"Penyandang diabetes diperbolehkan untuk mengonsumsi pepaya setiap hari, asalkan pepaya yang dikonsumsi adalah buah utuh (whole fruit) dan bukan merupakan sari buah atau jus," jelas dr. Juwalita Surapsari.

Pepaya memiliki indeks glikemik 60 yang termasuk dalam kategori indeks glikemik sedang.

Tidak ada batasan pasti bagi pengidap diabetes dalam mengkonsumsi buah pepaya ini. Namun, kamu harus tetap memperhitungkan asupan karbohidrat yang telah kamu konsumsi dari buah ini, agar tidak lupa dengan asupan karbohidrat dari makanan lain seperti nasi.

Jika menggunakan pedoman Isi Piringku dari Kemenkes, maka buah-buahan dapat dikonsumsi oleh penyandang diabetes dengan proporsi 1/3 dari setengah isi piring atau 100 gram setiap porsi makan.

Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Bagi Pengidap Diabetes

Dikutip dari laman halodoc. Selain pepaya, ada jenis-jenis buah lain yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes, di antaranya anggur, apel, semangka, dan jeruk.

Cukup sekian pembahasan tentang bolehkah pengidap diabetes makan pepaya.

Sumber
Halodoc | Ketahui Manfaat Pepaya untuk Pengidap Diabetes
Orami | Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya? Simak, Yuk!

Iklan

0 comments :

Posting Komentar