Home » » Apa itu Karbohidrat, Pengertian dan Sumber Mendapatkannya

Apa itu Karbohidrat, Pengertian dan Sumber Mendapatkannya

Apa itu Karbohidrat, Pengertian dan Sumber Mendapatkannya

Karbohidrat adalah salah satu jenis nutrisi yang penting dalam diet manusia. Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi tubuh dan terdiri dari molekul-molekul karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat terbagi menjadi tiga kategori utama berdasarkan kompleksitas strukturnya: monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat:

1. Roti gandum, roti putih, nasi, pasta, sereal sarapan, gandum, barley, oatmeal, quinoa, dll.

2. Buah-buahan seperti Apel, pisang, jeruk, mangga, stroberi, blueberry, anggur, dll. Buah-buahan mengandung karbohidrat dalam bentuk fruktosa.

3. Sayuran contohnya kentang, jagung, wortel, kacang polong, labu, brokoli, bayam, kembang kol, dan sebagainya. Sayuran umumnya mengandung karbohidrat dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan sumber karbohidrat lainnya.

4. Kacang tanah, kacang almond, kacang merah, kacang hitam, kedelai, biji bunga matahari, biji rami, dll.

5. Susu, yogurt, keju, es krim, dan produk susu lainnya mengandung karbohidrat dalam bentuk laktosa.

6. Gula, permen, cokelat, sirup, madu, dan makanan manis lainnya mengandung karbohidrat dalam bentuk monosakarida atau disakarida.

7. Kentang goreng, kentang tumbuk, keripik kentang, dan produk olahan kentang lainnya mengandung karbohidrat.

8. Kue kering, puding, mie, biskuit, kentang panggang, dan makanan olahan lainnya seringkali mengandung karbohidrat dalam berbagai bentuk.

Karbohidrat kompleks yang terdapat dalam sumber makanan yang lebih alami, seperti biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan, lebih disukai daripada karbohidrat sederhana yang ditemukan dalam makanan olahan atau gula tambahan.

Kebutuhan Normal Karbohidrat

Kebutuhan normal karbohidrat dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, tujuan individu (misalnya, pemeliharaan berat badan, penurunan berat badan, atau peningkatan massa otot), dan kondisi kesehatan khusus. Namun, ada beberapa panduan umum yang dapat digunakan sebagai acuan.

Panduan Diet yang Seimbang di Amerika Serikat merekomendasikan agar karbohidrat menyumbang sekitar 45-65% dari total asupan kalori harian. Ini berarti, jika seseorang mengonsumsi sekitar 2000 kalori per hari, sekitar 900-1300 kalori atau sekitar 225-325 gram karbohidrat per hari.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan agar karbohidrat menyumbang sekitar 55-75% dari total asupan energi harian.

Tidak semua karbohidrat adalah sama. Lebih baik memilih karbohidrat kompleks yang kaya serat seperti biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan daripada karbohidrat sederhana seperti gula tambahan atau makanan olahan. Karbohidrat kompleks yang kaya serat cenderung memberikan rasa kenyang yang lebih lama, mempertahankan energi yang stabil, dan memberikan nutrisi tambahan seperti vitamin, mineral, dan serat.

Baca Juga:

Iklan

0 comments :

Posting Komentar